Rabu, 05 November 2008

kENALI KULIT ANDA

Wajah atau muka adalah bagian depan dari kepala, pada manusia meliputi wilayah dari dahi hingga dagu, termasuk rambut, dahi, alis, mata, hidung, pipi, mulut, bibir, gigi, kulit, dan dagu. Wajah terutama digunakan untuk ekspresi wajah, penampilan, serta identitas. Tidak ada satu wajahpun yang serupa mutlak, bahkan pada manusia kembar.

Kulit adalah lapisan terluar pada tubuh manusia. Kulit dibagi menjadi 3 bagian: bagian terluar disebut epidermis, bagian tengah mesodermis, dan bagian dalam dermis. Kulit sangat sensitif terhadap pengaruh lingkungan sekitar, seperti panas matahari, debu, dan asap knalpot.

Transplantasi wajah adalah suatu proses tranplantasi kulit untuk menggantikan kulit wajah pasien dengan kulit donor atau kulit pasien itu sendiri. Transplantasi wajah ditujukan bagi mereka yang mengalami kerusakan kulit wajah dikarenakan kebakaran, penyakit, trauma atau cacat lahir. Transplantasi wajah pertama kali di dunia dilakukan pada 1994 terhadap Sandeep Kaur, seorang anak yang berusia sembilan tahun yang wajahnya rusak karena rambutnya terhisap ke dalam mesin pemisah rumput. Dokter yang melakukan transplantasi terhadap Sandeep Kaur adalah Abraham Thomas, salah satu dokter bedah terkenal India.

Freckle adalah bintik-bintik kecil melanin di kulit atau membran orang yang berkulit putih, atau kadang juga orang berkulit hitam dari Afrika. Freckle diturunkan secara genetis dan berhubungan dengan keberadaan varian gen melanocortin-1 receptor MC1R, yang bersifat dominan. Selain itu freckle juga dapat disebabkan oleh sinar matahari. Freckle biasanya ditemukan di wajah, namun juga di berbagai tempat di kulit yang terkenal sinar matahari. Freckle sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas.

Penggunaan Laser merupakan cara lain untuk perawatan wajah. Perawatan laser dapat menghilangkan kerutan secara lebih baik dibandingkan dengan beberapa prosedur yang lebih baru.

Berdasarkan laporan Dr. Daniel Ward dan De. Shan Baker dari University of Michigan, pelapisan kembali dengan laser Karbondioksida (Carbon dioxide laser resurfacing) terbukti sangat efektif dan hampir semuanya berhasil dengan baik untuk menghilangkan kerutan di wajah, walaupun tetap ada beberapa efek samping, diantaranya adalah perubahan warna kulit, dimana warna kulit akan menjadi lebih tua atau lebih muda dari sebelumnya.

“Penggunaan laser dapat memberikan perawatan dengan ketelitian yang tinggi, dan memudahkan dokter operasi dalam kontrol terhadap proses pelapisan kembali secara lebih baik dibandingkan dengan beberapa teknik lain seperti pengelupasan kulit dengan kimia dan dermabrasi,” tulis mereka dalam Jurnal Archives of Facial Plastic Surgery.


0 komentar:

 

© Copyright by GoeBoex IRfaN | Template by Fanchon0706 | Blog Trick at EasyBlogTrick